Selasa, 07 Mei 2013

Untuk Guru dan Calon Guru_Artikel

Untuk Guru dan Calon Guru
Oleh: Nuni Wahyuni

          Guru yang baik adalah guru yang mendidik tidak hanya dengan kata, melainkan dengan tuntunan dan teladan. Dengan tuntunan, diharapkan guru dapat mendorong anak didiknya untuk menemukan jati diri. Guru juga harus bisa membantu dan menuntun siswa dalam mencapai proses kedewasaan. Dengan keteladanan, guru akan memiliki wibawa di hadapan siswa. Kewibawaan seorang guru tidak hanya didasarkan dengan niat pencitraan. Lebih dari itu, keteladanan yang diberikan oleh seorang guru harus bisa memotivasi siswa untuk mengikuti langkah guru tersebut dalam berbuat kebaikan. Intinya, tugas guru bukanlah hanya sekedar menyampaikan sebuah teori, mengadakan ujian lalu memberikan nilai. Namun, guru harus mampu mengarahkan, memotivasi serta membimbing  siswa menuju proses kedewasaan melalui tuntunan dan teladan.
     Selain itu, tidak sepantasnya seorang guru memaksakan keinginannya sendiri kepada murid yang dia didik. Setiap individu mempunyai perbedaan dan guru harus benar-benar menyadari hal itu. Setiap orang, dengan sifat yang berbeda tentu mempunyai passion yang berbeda pula. Tugas guru adalah sebagai pembimbing dan penunjuk jalan agar siswa mampu mengoptimalkan passion dalam dirinya sehingga mampu memberi manfaat bagi dirinya sendiri dan bagi orang disekitarnya. 
      Mungkin hal seperti ini sudah banyak ditulis di blog atau di buku. Pendapat seseorang tentang guru ideal sudah banyak tersebar di sana-sini. Disini saya hanya ingin mengungkapkan karakter guru yang baik menurut pendapat saya sendiri. Untuk masukan dan tanggapan saya ucapkan terimakasih.

(^_^)

2 komentar:

  1. Wah bagus postingannya
    Makasih Nun opininya. Bisa jadi bahan introspeksi
    (^_^)

    BalasHapus
  2. Makasih Intannnnnnnnn
    :)
    Semoga bermanfa'at

    BalasHapus